DETAIL BERITA

Smala Sukseskan PAT-BTI 2023

Smala Sukseskan PAT-BTI 2023


SMAN 5 Mataram melaksanakan Penilaian Ahir Tahun (PAT) pelajaran 2022/2023 untuk kelas X dan XI pada  29 Mei 2023 sampai dengan  8 Juni 2023. PAT sebagai evaluasi pembelajaran dan mengukur pencapaian kompetensi siswa pada akhir semester

Kepala SMAN 5 Mataram Saat memberikan arahannya Siti Nurhani berharap penilaian akhir tahun ini berjalan baik dan mengimbau kepada seluruh siswa agar fokus mengikutinya karena ini merupakan evaluasi pembelajaran, sebagaik tolak ukur keberhasilan dan capaian kompetensi siswa.

Selama PAT berlangsung tidak ada gangguan atau pun masalah yang terjadi, seperti gangguan teknis, karena dari sebelum PAT sudah dipersiapkan oleh tim. “Saya ucapkan terima kasih kepada tim, panitia, guru-guru, dan tegaga kependidikan yang sudah membantu, sudah berpartisipasi dengan kelancaran PAT ini,” tambahnya.

Pelaksanaan PAT persis sama dengan PHB atau Penilaian Harian Bersama (PHB) sebelumnya. Namun ada pembaharuan aplikasi pada keamananya dan  pada jenis soal-soal yang diberikan. Soal-soal yang dimaksud adalah soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) seperti soal piihan ganda, soal pilihan ganda kompleks lebih dari satu jawaban benar, isian singkat, pernyataan salah benar, dan menjodohkan. “Dengan tujuan untuk mengenalkan dan membiasakan siswa dengan ANBK,” imbuh Nurhani.

PAT dilaksanakan berbasis teknologi informasi dengan dibagi menjadi dua sesi. Sesi I untuk kelas XI dimulai dari jam 07.30-09.45 WITA, kemudian dilanjutkan dengan sesi II dari jam 10.10-12.25 WITA. sehingga lebih efesien waktu dan tenaga. Setiap hari siswa akan menuntaskan dua  mata pelajaran selama dua jam.

“Penilaian Ahir tahun dilaksnakan berbasis teknologi Informasi dengan pola yang sma dengan PAT atau PHB sebelum-belumnya,” ungkap Wakasek Bidang Kurikulum Musanni.