DETAIL BERITA

Smala Raker, "Rencanakan, Kerjakan,Tuhan akan Wujudkan".

Smala Raker, "Rencanakan, Kerjakan,Tuhan akan Wujudkan".


Mataram, SMAN 5 Mataram (Smala), mengadakan Penysunan Program Pembelajaran dan program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran 2022/2023, bertemakan ‘Rencanakan, Kerjakan yang direncanakan, Tuhan akan Wujudkan. Di gelaaar selama 2 hari ditempat yang berbeda, hari pertama digelar diaula, SMAN5 Mataram (Kamis, 30/6), dan hari kedua digelar di hotel Jayakarta Senggigi, (Jumat, 01/7).

Secara umum tujuan rapat kerja ini adalah menjadi sarana untuk membahas, merencanakan, dan mencari solusi persoalan-persoalan pokok tentang tugas , karyawan, pengelola sekolah secara bersama-sama dalam mewujudakan visi-misi dan tujuan Sekilah sebagai bagian dari tugas mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan Nasiona. Dan lebih khususnya sebagai porum evaluasi dan membuat program kegaiatan yang berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi guru dan karyawan serta stakeholder sekolah.sehubungan itu sangat diharapkan kualitas SMAN5 Mataram nebibgkat secara komprehensif dan simultif. ungkap kepala Sekolah Siti Nurhani saat memberikan sambutan.

Raker ini dihadir oleh Kadis Dikbud NTB, Sekdis Dikbud NTB, Pembina Pengawas dan seluruh guru karyawan, dan stakeholder sekolah. Selama dua hari yakni 30 Juni-1 Juli 2022.

Raker diawali dengan pembahasan Singkronisasi Program Kerja Sekolah dengan Nomenklator BOS dan Panlak BPP yang disampaikan oleh Sekdis Dikbud. Prov.NTB, “permasalahan standar lulusan peserta didik. Setelah belajar di suatu satuan pendidikan tertentu, kedepannya anak didik ini akan menjadi apa atau akan memiliki karakter bagaimana setelah belajar. Mulai sekarang kita harus merubah sudut pandang kita sebagai pendidik tegas Sekdis.Dikbud. Prov.NTB .

            Sekdis menambahkan, Anak didik kita harus di bantu dalam menggali dan meningkatkan potensi dalam diri mereka,. Dengan kapasitas seorang guru harus memberikan motivasi ke anak didik kita yang memiliki beragam bakat dan minat. Jelasnya.

            Dalm kesempatan lain Kadis Dikbud NTB Dr Aidy Furqon menyampaiakan “dalam upaya Peningkatan mutu SDM pendidikan tentunya tidak bisa lepas dari setrategi – setrategi peningkatan mutu SDM pendidikan, diantaranya setrategi peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan serta peningkatan mutu SDM peserta didik. Untuk peningkatan mutu SDM pendidik dan tenaga kependidikan dibutuhkan kemauan dan komitment yang kuat dari pendidik dan tenaga kependidikan itu sendiri. Hal tersebut tentunya tidak akan terlepas dari up skill dan up grade diri pendidik serta tenaga kependidikan itu sendiri. Selain itu  Berintegritas, Tata Usaha Kreatif dan Pengawas Teladan juga menjadi stategi yang sangat penting untuk meningkatkan mutu SDM pendidikan kita. Ungkap Aidi Furqon selaku Kadis Dikbud NTB.

            Kadis menambahkan “meningkatkan SDM peserta didik, kepala sekolah beserta jajarannya harus memahami keadaan dan kebutuhan peserta didik Berapa anak didik kita yang termasuk kategori pintar, berapa yang termasuk aktegori kreatif dan berapa yang termasuk kategori smart. Anak sekarang harus lebih banyak diarahkan untuk berkolaborasi bukan diarahkan untuk berkompetisi”.

            Harapan Kadis Dikbud NTB “dengan ketersedian sekolah ramah anak (SRA), siswa teladan, penyediaan pasilitas untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus, program 1 pelajar 1 pohon dan program spiritual camp serta mengetahui jejak alumni sekolah juga menjadi salah satu setrategi terbaik untuk meningkatkan SDM peserta didik. Sekolah ramah anak (SRA) ini bertujuan untuk mengatasi anak-anak yang putus sekolah dan di dalam SRA, tidak boleh ada anak yang pacaran di sekolah. Program afirmasi dan difabel bertujuan untuk mengangkat derajat anak-anak yang berkebutuhan khusus

Sebagai penutup raker, semua peserta mengikuti acara gathering, dengan tujuan mampu menghibur, memperat kekompakan, keakraban dan ke solida warga Smala dalam serentak bergerak memulihkan pendidikan bangsa.